Blogroll

Lima Tips Olahraga Untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa olahraga yang tidak ber-resiko dan cocok dilakukan oleh wanita yang sedang hamil:

Berjalan Kaki

Olahraga ini bisa Anda lakukan selama 20 menit hari. Lakukan dengan gerakan santai dan jangan terburu-buru. Nikmati setiap langkah yang diayunkan sambil menghirup udara segar dan pemandangan yang hijau. Jangan lupa pilih medan yang berumput, tak licin, dan tak berbatu.

Senam

Anda bisa melakukan olahrga yang satu ini di kelas-kelas khusus ibu hamil. Kelas seperti ini memiliki instruktur senam yang akan membantu setiap gerakan senam Anda. Apalagi, senam memiliki gerakan yang berbeda di setiap trimesternya. Jangan lupa untuk menghindari gerakan yang berlebihan, seperti melompat dan memutar tubuh dengan cepat.

Hypnobirthing

Anda mungkin baru mendengar istilah yang satu ini. Ya, hypnobirthing merupakan cara relaksasi dengan memberikan usapan yang bertujuan mempermudah persalinan. Selain itu, program ini pun memasukkan pikiran positif kepada ibu dengan membayangkan hal-hal yang menyenangkan.

Yoga

Olahraga yang satu ini biasanya menjadi favorit para wanita hamil. Pada intinya, olahraga yang satu ini melatih otot-otot tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, gerakan yoga pun dipercaya dapat memperlancar proses persalinan, meningkatkan kepercayaan diri, serta mampu mempengaruhi keseimbangan mental dan emosional. Untuk melakukan olahraga yang satu ini butuh waktu selama 30-40 menit setiap kali latihan. Tak perlu sering-sering, cukup 2-3 kali dalam seminggu.

Renang

Olahraga yang satu ini dapat menguatkan otot, melatih-paru-paru dan jantung ibu hamil. Sebaiknya, Anda memilih gaya bebas dan gaya dada. Hindari melakukan gaya punggung atau gaya kupu-kupu karena terlalu berat. Hal lain yang perlu diingat adalah lakukan gerakan dengan tenang dan santai, jangan terburu-buru.

0 komentar:

Powered by Blogger.

Subscribe To RSS

Sign up to receive latest news